6 Masalah Hidup

“Suatu ketika Imam Ghozali berbincang – bincang dengan murid – muridnya.
Ia bertanya, “Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?”
Murid-muridnya ada yang menjawab : Orang tua, guru , teman dan kerabatnya.
Imam Ghazali membenarkan semua jawaban itu. Tapi menurutnya, yang paling dekat dengan manusia sebenarnya adalah “KEMATIAN”. sebab itu sudah janji ALLAH SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati (lihat QS Ali Imran : 185 ).

Imam Ghazali meneruskan pertanyaan yang kedua, “Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini? ” murid – muridnya ada yang menjawab : china, bulan, matahari, dan bintang – bintang. Imam Ghazali menjelaskan bahwa
semua yang kalian benar. Tapi yang paling benar adalah “MASA LALU”. Bagaimanapun kita tidak akan bisa kembali kemasa yang telah lalu. Sebab itu
kita harus menjaga hari ini dan hari – hari yang akan datang dengan  perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama, jelasnya.

Ulama yang rajin menulis itu bertanya lagi, “Apa yang paling besar di dunia
ini?” muridnya ada yang menjawab: gunung, matahari,dan bumi. Semua jawaban itu benar, kata sang Imam. tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah “NAFSU” (buka QS Al-A’raaf:179). maka kita harus hati-hati dengan nafsu. Jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

Imam yang banyak menjadi rujukan banyak Sufi melanjutkan pertanyaannya, “Apa yang paling berat di dunia ini?” Diantara yang hadir ada yang menjawab : baja, besi, dan gajah. “Semuanya jawaban semuanya hampir benar,” kata sang Imam yang terkenal dengan buku Ihya Ulumuddinnya itu. tapi yang paling berat adalah “AMANAH/TITIPAN”, sebagai mana firman ALLAH dalam surat Al-Ahzab ayat 72. Tumbuh – tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semuanya tidak mampu ketika ALLAH SWT meminta mereka semua untuk jadi kalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan ALLAH SWT, sehingga banyak dari golongan manusia masuk ke neraka karena ia tidak bisa memegang amanahnya, papar sang Imam.

Kemudian sang imam menanyakan lagi, apa yang paling ringan di dunia ini?
diantara-muridnya ada yang menjawab: kapas, angin, debu dan daun-daun.
semua itu benar kata sang Imam, tapi yang paling ringan adalah “MENINGGALKAN SHOLAT” , hanya gara-gara pekerjaan, kita berani meninggalkan sholat.

Pertanyaan yang keenam yaitu pertanyaan pamungkas dari sang Imam pada
kesempatan itu adalah, “Apakah yang paling tajam di dunia ini? murid –
muridnya menjawab dengan serentak, pedang.!! Benar, kata sang Imam. Tapi yang paling tajam adalah “LIDAH MANUSIA”.
Karena melalui lidah, manusia dengan gampangnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudara, sesama manusia itu sendiri.

Sumber : http://www.google.com

Satu Tanggapan

  1. hi.. lam kenal ..
    blognya oke

    saling mengunjungi yaa ..

    http://chepyamiraga.wordpress.com/2010/04/10/patungan-yuuuk/

Tinggalkan komentar