Cegah Stress Yuk ……..

Sebenarnya segala peristiwa yang ada disekitar kita sejatinya adalah netral, namun kita saja yang memaknai peristiwa tersebut dengan makna positif atau negatif. Memaknai segala peristiwa secara positif dapat membuat kita lebih mudah menemukan hikmah di balik peristiwa itu dan menerimanya dengan penuh keikhlasan dan pada akhirnya adalah kebahagiaan.

Jika kita memaknai sebuah peristiwa dengan pandangan negatif, kita akan terjebak untuk “menyalahkan” baik diri sendiri maupun pihak lain dan pada akhirnya adalah kesengsaraan.

Stress adalah suatu gangguan yang dialami seseorang akibat dari ketidak mampuannya dalam bersikap positif terhadap suatu peristiwa yang terjadi baik dari dalam dirinya maupun peristiwa yang datang dari luar diri.

Sumber stress yang datang dari dalam diri bisa berupa misalnya ; sakit yang tak kunjung sembuh, sedangkan dari luar dirinya (keluarga dan lingkungan). Dari keluarga, misalnya; percekcokan antara suami dan istri, pergaulan anak-anak, kematian salah satu anggota keluarga, dan lain sebagainya.

Faktor lingkungan, antara lain; Masalah pekerjaan, Perubahan sosial, budaya, politik, dan lain-lain.

Stress terjadi tidak hanya pada orang dewasa saja, anak-anak juga dapat mengalaminya. Anak-anak bisa stress karena tinggal didalam keluarga yang tidak harmonis, suasana belajar yang ketat di sekolah, saat-saat menempuh ujian, pergaulan dengan teman, dan lain-lain.

Umumnya orang yang sedang stress akan mengalami :

1. Sulit Konsentrasi, sehingga sulit mengambil keputusan (bingung)

2. Gelisah, tidak tahu harus berbuat apa

3. Lesu (tak bergairah)

4. Nafsu makan hilang

5. Diare, dll

Pada umumnya juga bagi beberapa orang keadaan stress akan hilang bersamaan dengan selesainya sebuah peristiwa, misalnya : anak yang akan menghadapi ujian nasional, mereka begitu sibuk melakukan persiapan baik di rumah maupun mengikuti les-les tambahan, mereka serius sekali menghadapinya bahkan waktu bermainnya terkadang dibatasi.

Guru dan Orang tua juga ikut-ikutan tegang!, ketegangan terus hinggap sampai keluarnya pengumuman hasil tes para siswa. Sekarang sudah ada beberapa sekolah tidak lagi mengumumkan di mading sekolah, ada yang menggunakan SMS, bahkan bisa dilihat melalui internet.

Bbagaimana? banyak yang stress kan? Jika stress itu berlanjut terus, maka perlu segera ditangani sebab jika tidak potensi menjadi depresi akan semakin besar.

Gejala depresi dapat diketahui melalui sikap dan perilaku si penderitanya, antara lain :

1. Pandangan kosong, gelisah dan sedih berkepanjangan

2. Pesimis dan merasa tak memiliki harapan

3. Insomnia (sulit tidur)

4. Mudah tersinggung

5. Gairah seks menurun (Orang dewasa), dll

Akibat lanjutannya adalah kondisi kesehatan menurun dan hal ini akan mengundang timbulnya banyak penyakit.

TIPS MENANGGULANGI STRESS

1. Memahami Diri Sendiri.

Saya adalah mahluk yang sempurna yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Saya telah diberi potensi kekuatan dan memiliki kelemahan yang sama seperti yang diberikan kepada orang lain. Saya selalu mendapatkan Berkah dan Ujian yang silih berganti selama menjalani kehidupan di dunia hingga akhir ajal menjemput. Saya memahami bahwa ini semua adalah rencana Tuhan, dan saya menyandarkan sepenuhnya keadaan hidup saya ini hanya kepada-Nya. Saya bersyukur kepada Tuhan atas karunia kehidupan ini dan apa yang sekarang sedang saya alami adalah hal yang orang lain juga mengalaminya. Dan banyak dari mereka yang bisa menghadapi Ujian dengan hati yang ikhlas.

2. Kembali kepada Tujuan Hidup

Setiap manusia memiliki keinginan-keinginan, maka sayapun demikian. Saya mulai menginventarisir keinginan apa yang akan saya raih dalam hidup ini. Kemudian saya juga menentukan langkah-langkah untuk mewujudkannya, dengan cara terbaik yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku (supaya saya tidak menghalalkan segala cara). Saya melakukannya sekarang juga.

3. Bertindak nyata

Yang pasti saya melangkah karena hal itu telah saya pikirkan sebelumnya, dan saya bukan “merasakan pikiran” atau “pikiran hanya dirasa-rasakan”. Kata orang Betawi ; “Dipikirin doang, tapi nggak dijalanin.” Yang saya lakukan adalah tindakan nyata!

4. Berpikir positif

Saya yakin dengan ungkapan : “Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya” kalaupun ada itu-pun bukan karena tidak ada obatnya akan tetapi memang belum ada yang menemukannya. Demikian juga dengan masalah saya yang sedang dihadapi ini, pasti ada obat/jalan keluarnya.

5. Siap menerima Masukan dan Kritikan

Saya harus berjuang untuk bisa menerima masukan dan kritikan dari orang-orang disekitar saya, termasuk dari orang yang “bisa’nya cuma nasehatin, nggak kasih solusi, pakai nambahin ngomel-ngomel lagi!” ups….saya ambil positif-nya saja (ingat : segala peristiwa pada dasarnya netral). Kritikan pedas akan saya jadikan cambuk yang berguna untuk membangkitkan semangat juang menuju kesembuhan. Tanpa disadari, terkadang sindiran/kritikan yang keras malah memacu diri untuk segera bangkit.

6. Minta dukungan “DOA” dari Orang Tua

Saya memohon kepada kedua orang tua untuk mendoakan semoga saya bisa menghadapi dan menyelesaikan semua masalah ini dengan baik.

Ada yang tanya sama saya : “Pak. Orang tua saya sudah meninggal, bagaimana?”

Saya jawab : “Doakan orang tua anda”. (dia bingung deh) “Ketahuilah bahwa perbuatan baik anda akan kembali menjadi kebaikan yang akan anda terima.”

Ada yang lebih sulit lagi, bertanya :

“Pak. saya stress ini justru karena saya sedang konflik dengan kedua orang tua saya!”

… wah ada juga yang seperti ini..

kemudian saya juga menjawab : “Doakan kedua orang tua anda, kita terlahir kedunia ini lantaran kedua orang tua kita, bagaimanapun keadaan beliau, beliau adalah orang tua kita yang patut kita hormati, terlepas ada kekhilafan yang dilakukannya.

Kita tidak bisa merubah takdir itu!, mungkin dengan mendoakannya Tuhan akan memberikan jalan keluar yang tidak kita sangka-sangka.

Tinggalkan Balasan

