10 Kiat Mempertahankan Pasangan

Kadang-kadang kita bingung, mengapa ada orang yang bertahan sedemikin lama dalam hubungan cinta atau perkawinannya, tapi ada juga yang putus di tengah jalan. Konon, ada beberapa hal yang menyebabkan hubungan tetap awet, yaitu:

1. Komunikasi
Kebahagiaan ditentukan oleh dua orang. Berarti, mesti ada timbal
balik. Salah satu cara mencapainya adalah dengan komunikasi. Bila Anda sudah mulai berakting seperti orang asing dengan pasangan, artinya Anda kehilangan komunikasi. Komunikasi tak berarti hanya bicara, tapi juga mendengarkan. Adopsilah sikap yang baik dalam berkomunikasi, yaitu mendengarkan orang berbicara sampai selesai, sebelum Anda mengutarakan pendapat sendiri.

2.  Kejujuran
Memang banyak orang yang merahasiakan sesuatu dari pasangannya.
Kadang-kadang, menyembunyikan sesuatu bahkan jadi jalan keluar yang terbaik. Tapi, lebih banyak lagi pasangan yang berpendapat bahwa justru kejujuranlah yang membuat perkawinan atau hubungan mereka bertahan lama. Boleh jadi,kebenaran itu pahit ketika didengarkan, tapi kejujuran akan menyelamatkan hubungan.

3.  Rasa saling percaya
Betapa pahit dan sedihnya hidup ini apabila Anda terus-terusan tegang
dan curiga, apa benar semua yang dikatakan pasangan. Misalnya, ketika ia pulang terlambat dengan alasan lalu-lintas macet atau ada rapat mendadak, haruskah itu selalu jadi bahan kecurigaan? Bila ada rasa percaya, hal-hal kecil semacam itu tak akan pernah jadi ancaman.

4.  Tertawa
Hampir semua orang mengakui bahwa tertawa adalah obat mujarab bagi
suatu hubungan. Bahkan dalam saat-saat yang memalukan, ledakan tertawa bisa jadi penyelamat yang menyejukkan suasana. Lakukanlah hal ini, dan buat kerut-merut di ujung bibir Anda menjadi sesuatu yang menyenangkan.

5.  Berteman dengan pasangan
How can we lovers, if we can’t be friends, kata Michael Bolton dalam salah satu lagunya. Ia benar, sebab bercinta dengan orang yang tidak bisa jadi teman, tak akan bertahan lama. Hubungan cinta, butuh lebih dari sekedar emosi.

6. Saling menghargai
Tak ada hubungan yang sukses bila seseorang memandang rendah
pasangannya. Harus ada respek, harus ada penghargaan dalam meniti hidup ini. Dari siapa lagi hal itu diperoleh bila bukan dari pasangan sendiri? Tapi, jangan lupa,untuk memperoleh respek dari pasangan, Anda harus menghargai diri Anda terlebih dahulu.

7. Cinta sepanjang masa
Apa namanya hubungan asmara tanpa cinta? Jadi, yakinkan diri Anda,
(kalau perlu pasangan Anda juga), bahwa Anda mencintainya dan ia mencintai Anda. Dan kedua orang ini harus yakin akan hal itu.

8. Kompromi
Seperti ketika kita mempelajari ilmu ekonomi, kita tahu bahwa
keseimbangan akan tercapai bila kurva permintaan dan penawaran bertemu pada satu titik.Dalam percintaan, hal ini tak jauh beda. Keinginan Anda darinya, dan begitu pula sebaliknya, perlu kompromi untuk mencapai keseimbangan. Ada hal kecil yang harus Anda korbankan untuk memperoleh kebahagiaan. Begitu pula sebaliknya.

9. Saling memaafkan
Beri maaf dan jangan menyimpan dendam. Untuk kesalahan yang sedemikian besar, ‘hukum’ ini juga tetap berlaku. Sekali Anda melempar dendam, maka hubungan tak akan bertahan lama.

10. Doa
Tak perlu orang yang sangat religius untuk melontarkan pendapat ini.
Bila Anda menyertai hubungan cinta Anda dengan penuh doa dan mohon
kemurahan-Nya untuk memberkati kehidupan Anda berdua, maka hubungan Anda akan senantiasa diberkati dan awet selalu.

Satu Tanggapan

  1. blog walking..

    koleksi foto Ogoh-ogoh ,ragam budaya bali bisa dlihat disni :
    http://programatujuh.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: