KB Alami

Keluarga Berencana adalah usaha untuk mengontrol jumlah dan jarak antara kelahiran anak. Untuk menghindari kehamilan yang bersifat menetap bisa dilakukan sterilisasi, dan untuk menghindari kehamilan sementara digunakan kontrasepsi.

Sayangnya ada beberapa metode kontrasepsi yang memiliki efek samping yang dapat menimbulkan rasa kurang nyaman dan ada beberapa wanita yang tingkat toleransi tubuhnya sangat rendah terhadap efek samping alat kontrasepsi yang dipakainya. Efek samping yang dirasakan seperti mual, pusing, problema kulit, obesitas, perdarahan dan nyeri perut pada penggunaan alat kontrasepsi yang mengandung hormon, resiko kebocoran dan repot pada pemakaian kondom, hingga resiko hamil anggur pada penggunaan IUD.

Bagi wanita yang ingin menghindari efek samping alat kontrasepsi diatas, maka mereka lebih memilih cara KB alami, yaitu KB tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Prinsip KB Alami
KB alami prinsip pencegahan kehamilannya berdasarkan informasi tentang sel telur pada wanita dan sperma pada pria, seperti berikut :
Ovulasi pada wanita biasanya terjadi 14 hari sebelum menstruasi berikutnya
Contoh :

  • Jika seorang wanita mempunyai siklus menstruasi 28 hari dan hari pertama menstruasi disebut dengan hari ke-1, maka biasanya dia akan mengalami ovulasi pada hari ke-14.
  • Jika siklus menstruasinya 32 hari, maka biasanya ovulasi akan terjadi pada hari ke-18.
  • Ketika ovulasi terjadi, maka sperma mempunyai waktu 24 jam untuk membuahi sel telur wanita yang berada di tuba falopi.
  • Sperma dapat bertahan hidup sampai 7 hari setelah terjadinya hubungan seksual.

Dengan pengetahuan ini, maka akan didapat informasi mengenai fase kesuburan wanita pada setiap siklus menstruasi. Akan tetapi apabila seorang wanita mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur, akan menjadi lebih sulit untuk mengetahui masa suburnya.

Akurasi penentuan waktu ovulasi/masa subur merupakan batu pertama dalam perencanaan KB alami.

3 prinsip yang digunakan untuk mengetahui terjadinya waktu ovulasi adalah dengan :

  • Metode kalendar
  • Metode suhu tubuh
  • Tes lendir vagina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: