Jenis-jenis KB Alami

Ada 2 jenis KB alami yang banyak digunakan adalah senggama terputus dan metode irama tubuh, berikut adalah penjelasannya :

1. Metode Irama Tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penentuan waktu ovulasi dapat diketahui melalui pemeriksaan tubuh dengan menggunakan metode kalender, suhu tubuh dan lendir vagina.
Jadi KB alami dengan menggunakan metode irama tubuh ialah dengan cara mengetahui waktu terjadinya ovulasi pada wanita. Apabila menginginkan kehamilan, maka hubungan seksual dilakukan pada waktu masa subur dan apabila tidak menginginkan kehamilan maka jangan melakukan hubungan seksual saat terjadinya masa subur.

  • Metode kalender, dengan melihat waktu terjadinya menstruasi pada siklus sebelumnya akan mendapat gambaran mengenai kapan terjadinya masa ovulasi pada wanita. Hal ini karena biasanya masa subur akan terjadi 12-16 hari sebelum terjadinya menstruasi.
  • Metode suhu tubuh,pada saat terjadinya ovulasi, biasanya suhu tubuh akan mengalami kenaikan 0,5 ° C karena pengaruh hormone progesteron. Jadi pada waktu-waktu yang dianggap mendekati masa subur, dapat dilakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap pagi untuk dapat mengetahui adanya kenaikan suhu tubuh.
  • Tes lendir vagina, pada saat terjadinya siklus menstruasi, kondisi lendir didaerah vagina akan berubah-ubah akibat dari pengaruh hormon estrogen dan progesterone. Dengan mengetahui kondisi lendir vagina juga dapat mengetahui kira-kira kapan masa ovulasi akan terjadi. Pada saat sebelum terjadinya ovulasi, lendir vagina akan menjadi lebih encer dengan warna transparent atau sedikit kekuningan. Sedangkan saat terjadinya ovulasi maka lendir vagina akan menjadi lebih banyak dan kental seperti putih telur. Sedangkan pada saat sesudah terjadinya ovulasi lendir vagina yang ada akan menjadi lebih sedikit dan lebih kental serta lengket.

Dengan mengetahui perubahan yang terjadi pada tubuh tersebut, baik melalui metode kalender, metode suhu tubuh dan tes lendir vagina maka dapat diperkirakan kapan terjadinya masa subur pada wanita.

Efektifitas dari metode ini sebesar 91 % yang berarti 9 dari 100 orang wanita dapat menjadi hamil apabila menggunakan metode ini. Catatan harus diberikan pada wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur maka bisa saja tingkat efektifitasnya menjadi lebih rendah lagi karena lebih sulit untuk menentukan kapan kira-kira masa subur akan terjadi.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari KB alami dengan menggunakan metode irama tubuh ini :

Kelebihan :

  • Dapat dilakukan oleh siapa saja.
  • Tidak menggunakan peralatan apapun.
  • Tidak mengganggu aktifitas seksual.
  • Tidak mempengaruhi kesuburan dalam jangka panjang.

Kekurangan :

  • Tidak melindungi terhadap infeksi penyakit menular seksual (PMS).
  • Perlu waktu dan latihan untuk dapat mengetahui secara tepat masa suburnya.
  • Penentuan masa subur ini tidak dapat dilakukan hanya berdasarkan pengamatan 1 siklus mentruasi saja, setidaknya perlu pengamatan selama 6 bulan untuk lebih amannya.

2. Senggama Terputus

Metode ini merupakan metode KB alami yang paling tua yang digunakan oleh manusia. KB alami ini dilakukan dengan cara menarik penis dari vagina sebelum terjadinya ejakulasi.

Efektifitas dari metode ini sangat bergantung dari tingkat kesadaran sang pria mengenai waktu ejakulasinya. Efektifitas berdasarkan penelitian menunjuk pada angka antara 73-96 % . Metode ini juga tidak dapat dilakukan pada pria yang mengalami masalah ejakulasi dini.

Kelebihan :

  • Tidak membutuhkan biaya dan dapat dilakukan kapan saja.
  • Tidak ada efek samping yang mungkin dirasakan baik oleh pria ataupun wanita.
  • Tidak merubah siklus menstruasi pada wanita.

Kekurangannya :

  • Tidak melindungi terhadap infeksi penyakit menular seksual (PMS)
  • Terjadinya interupsi saat hubungan seksual dapat mengurangi sensasi hubungan seksual
  • Sangat memerlukan kontrol diri dan kewaspadaan yang tinggi dari pihak pria
  • Kurang efektif dibandingkan metode KB lainnya
  • Tidak efektif apabila keduanya atau salah satu pasangan dipengaruhi oleh alkohol

Selain KB alami yang disebutkan diatas ada juga metode KB alami dengan menggunakan strip yang banyak di jual di apotek untuk mengetahui masa subur.

Satu Tanggapan

  1. mengapa onani bisa memperbesar penis ?
    bagaimana cara memperkecil penis?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: