Tahukah Anda Bahwa Filter Rokok Ternyata Mengandung Darah Babi ?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Belanda di bidang Kesehatan Publik dari Universitas Sydney menghasilkan kesimpulan cukup mengagetkan bagi pencandu rokok yang beragama islam dan yahudi. Penelitian itu mengambil jenis rokok yang berfilter dengan menggunakan 185 sampel merk rokok.

Peneliti itu Simon Chapman menyimpulkan bahwa filter rokok yang dugunakan di 185 merk rokok diduga mengandung darah Babi yang jelas diharamkan oleh umat Islam dan Yahudi ini ditemukan di Filter Rokok.

Hasil penelitian tersebut mengindikasikan sekitar 185 merk rokok menggunakan darah atau hemoglobin babi, sebagai campuran pada bagian filter rokok.  Profesor Simon Chapman dari Universitas Sydney mengatakan, penelitian ini menyibak komposisi rokok yang selama ini memang sangat tertutup, dengan kedok rahasia perusahaan.

Prof Chapman juga berpendapat, riset ini telah mengakomodir kepentingan agama yang secara khusus melarang mengkonsumsi daging babi, seperti bagi umat Muslim dan Yahudi. Penelitian tersebut mengungkapkan, hemoglobin babi digunakan untuk membuat filter rokok lebih efektif menahan bahan kimia berbahaya, sebelum masuk ke dalam paru-paru. Artinya, temuan ini menjelaskan bahwa darah Babi itu tidak dipakai di semua rokok melainkan hanya pada rokok yang menggunakan filter saja. kata Chapman, Rabu 31 Maret 2010. kepada news.com.au.

Hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi di dalam sel darah merah. Fungsi unsur tersebut sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru  ke seluruh tubuh hewan mamalia dan hewan lainnya. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh.

Setidaknya satu merek rokok yang dijual di Yunani telah dikukuhkan menggunakan hemoglobin babi dalam proses pembuatannya, tanpa diketahui para konsumen. Sayangnya tidak disebutkan nama merek rokok tersebut namun bagi masyarakat Indonesia hal ini tentu mengkhawatirkan jika rokok tersebut beredar di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Namun bagi masyarakat Indonesia, hal ini barangkali dapat dijadikan peringatan selain efek rokok bagi kesehatan juga dari sudut pandang agama memang diharamkan karena mengandung unsur penggunaan hemoglobin babi tersebut. Khususnya yang mengharamkan mengkonsumsi daging babi.

Setelah anda tahu tentang hal ini apakah anda masih tetap yakin untuk merokok?

Satu Tanggapan

  1. susah sih kalo udh suka roko mah..
    mau dibilang gitu juga..???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: